Monday, July 29, 2013

Catatan Farmakognosi #4

Di mata kuliah Farmakognosi, saya juga belajar terkait tanaman-tanaman penghasil alkaloid, khususnya alkaloid Tropan/Solanaceae, Kuinolin, Isokuinolin, Indol, Aporfin, Imidazol dan Steroid, serta Amin dan Purin. 

Alkaloid adalah senyawa basa organik yang mengandung satu atau lebih atom nitrogen. Biasanya atom nitrogen tersebut terdapat dalam lingkar heterosiklik. Berdasarkan perbedaan lingkar heterosiklik tersebutlah, alkaloid di antaranya dibedakan atas alkaloid-alkaloid yang sudah disebutkan sebelumnya. 


Untuk mengetahui lebih lanjut tanaman penghasil alkaloid-alkaloid tersebut beserta keterangan asal famili, sinonim, morfologi, bagian simplisia yang digunakan, simplisia pemalsu, kandugan, khasiat, cara panen, identifikasi, toksisitas, dosis, dan contoh produknya, dapat dilihat pada tabel berikut:
(klik untuk memperbesar)














Demikian yang dapat saya berikan. Apabila ingin mendapatkan softcopy-nya bisa download di sini:

Semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terima kasih sudah berkunjung :D

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)