Monday, September 7, 2015

Catatan Manajemen Farmasi Komunitas #1

Mata kuliah ini diajarkan oleh alumni UI program apoteker angkatan 12 (saya termasuk ke dalam angkatan 82, tiap tahun ada 2 angkatan). Beliau adalah seorang praktisi yang sudah punya banyak pengalaman bekerja di bidang kefarmasian, pernah menjadi product manager dan marketing manager.  Di awal, beliau bertanya terkait farmasi komunitas, "Kenapa apotek dikatakan sebagai farmasi komunitas?" Kami diam, dijelaskan oleh beliau bahwa hal tersebut karena apoteker berhadapan langsung dengan masyarakat. Secara umum, di awal pertemuan, kami dikenalkan terlebih dahulu dengan istilah farmasi, farmasi komunitas, dan manajemen.

Farmasi merupakan suatu profesi kesehatan yang kaitannya dengan ilmu kesehatan dan ilmu kimia, serta dibebankan untuk memastikan keamanan dan efektifitas suatu obat. Meskipun demikian, menjadi apoteker tidak mudah, karena terdapat suatu standar kompetensi yang harus dimiliki sehingga dapat diakui sebagai apoteker.  Standar kompetensi tersebut dapat dilihat di sini

Sumber Gambar: ikatanapotekerindonesia.net

Secara umum, materi kefarmasian terbagi menjadi tiga yaitu farmasi praktik, farmasetik, dan farmakognosi/kimia medisinal. Pada materi farmasi praktiklah ditemukan materi mengenai farmasi komunitas. 

Farmasi komunitas, erat kaitannya pula dengan apotek. Terdapat dua macam apotek yaitu apotek OTC Plus dan apotek ethical Plus. Keduanya tetap memiliki apoteker penanggung jawab apotek (APA). Bedanya pada apotek OTC Plus, penekanannya pada resep sehingga terlihat dengan jelas pada struktur bangunannya memiliki ruang peracikan yang lebih besar, ruang konseling, dan ruang tunggu, serta biasanya berupa gedung sendiri dengan adanya lahan parkir. Sementara apotek ethical Plus, penekanannya pada OTC, penerimaan resep hanya sebagai tambahan saja, biasanya berada di dalam mall. Contoh apotek OTC Plus adalah kimia farm*, sementara contoh apotek ethical plus adalah C*ntury. (Ini yang saya catat waktu di kelas, untuk mengkonfirmasi kebenaran definisi OTC Plus dan ethical Plus perlu untuk mencari dari referensi lain yang lebih valid. Jika pembaca ada yang mengetahui penjelasan yang tepat, silakan isi di kolom komentar. Saya sangat berterima kasih). 

Manajemen merupakan serangkaian aktivitas yang diarahkan pada sumber-sumber daya organisasi. Aktivitas dasar dari manajemen antara lain:
  1. Planning (perencanaan).  But, planning without decision making is nothing.
  2. Pengorganisasian.
  3. Kepemimpinan, bagaimana bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.
  4. Pengendalian (monitoring dan evaluasi).
Sumber daya pada organisasi antara lain manusia (sebagai aset utama),  finansial (ibarat darah dalam tubuh kita, kita tidak bisa hidup tanpa darah, organisasi tidak bisa jalan tanpa dukungan finansial), fisik, dan informasi. Ada juga yang mendefinisikan sumber daya organisasi dengan 6M yaitu man, money, market, material, machine, and method

Struktur organisasi dari suatu manajemen diilustrasikan seperti gambar di bawah ini:


Tidak mudah untuk mencapai posisi tertinggi dalam organisasi, dibutuhkan usaha dan pengalaman dalam bekerja. Beliau bertanya, "Posisi mana yang paling sulit dan mana yang paling mudah?" Saya mengira adalah top manager, tetapi menurut beliau, yang paling sulit adalah middle manager, karena pada posisi ini tidak hanya dapat tekanan dari bawah, tapi juga tekanan dari atas, dua arah. Sementara yang paling mudah adalah pada posisi non managerial employers karena tidak memiliki beban terkait kelangsungan organisasi tersebut, hanya memikirkan pekerjaannya telah dikerjakan lalu dapat pulang tanpa beban.

Demikian yang dapat saya sampaikan, tidak banyak yang saya catat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat ^^

2 comments:

  1. "Contoh apotek OTC Plus adalah kimia farm*, sementara contoh apotek ethical plus adalah C*ntury..."

    kayaknya kalimat yang saya kutip dari artikel ini adalah salah... kebalik mungkin?

    ReplyDelete
  2. Waah, saya lupaa, bisa jadi saya salah dengar waktu di kelas. Intinya apotek kimia farm* penekanannya lebih ke resep. Sementara, apotek C*ntury penekanannya lebih ke OTC. Untuk istilahnya bisa jadi saya salah dengar. Perlu dicari sumber lain yang lebih tepat. Terima kasih atas koreksinya. Jika Pak Berly punya perbaikannya, boleh saya diberi tahu hehe :D

    ReplyDelete

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)