Monday, September 11, 2017

Catatan Belajar Bahasa Jepang #1

Pertama-tama, belajar menulis huruf Jepang terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa pada umumnya  huruf Jepang terdiri dari 3 macam, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. 
  1. Hiragana biasa dipakai untuk untuk menulis kata-kata Jepang asli, sering juga dipakai untuk menggantikan huruf Kanji.
  2. Katakana biasa digunakan untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing.
  3. Kanji adalah huruf atau tulisan yang berasal dari huruf China. Huruf kanji ini ada banyak, ada sekitar 5.000 sampai 10.000 yang bisa digunakan. Meskipun demikian, pemerintah Jepang menetapkan sekitar 1.850 huruf dasar sebagai "Toyo Kanji" yang menjadi satu-satunya yang digunakan dalam buku bacaan.
Di bawah ini adalah daftar huruf Hiragana.






Sementara di bawah ini adalah daftar huruf Katakana.




Untuk huruf Kanji, belum dibahas di sini berhubung saya masih membiasakan menggunakan Hiragana dan Katakana dulu. Nanti kalau kira-kira sudah bisa dimulai belajar kanjinya, baru akan dikupas satu per satu huruf Kanjinya.

Meskipun terlihat mudah untuk menuliskannya, ternyata ada aturannya. Kita tidak bisa sembarang membentuk huruf-huruf tersebut. Misalnya semaunya dimulai dari bagian bawah, dari bagian kiri, atau dari bagian kanan. Kenapa harus begitu?

Awalnya saya juga bertanya-tanya, bukankah yang penting hasil akhirnya itu menghasilkan bentuk yang sama? Ternyata bukan itu persoalannya. Salah satunya fungsi dari adanya aturan urutan penulisan tersebut adalah agar dapat dikenali oleh japanese character recognizer. Biasanya ada di tiap keypad handphone dengan mode bahasa Jepang. Jika kita bermaksud untuk meng-input hurufnya secara manual, apabila urutan penulisan hurufnya benar, maka akan keluar huruf yang dimaksud. Jika urutannya salah, maka tidak bisa dibaca. 

Untuk fungsi lainnya kalau tidak salah, kata teman yang sudah belajar Bahasa Jepang lebih dulu adalah akan terlihat bedanya huruf yang ditulis sesuai aturan urutan dan huruf yang ditulis sembarangan. Tentunya agar dapat dibaca secara universal baiknya penulisan ditulis sesuai aturan. 

Lalu bagaimana caranya mengetahui urutan penulisannya? Ada banyak aplikasi belajar penulisan huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji di handphone android. Salah satu aplikasinya yang saya sukai adalah Obenkyo. Aplikasi tersebut mengajarkan penulisannya dengan amat mudah dimengerti. 

"Obenkyo" aplikasi yang recommended buat belajar stroke atau urutan penulisan
Contoh urutan penulisan yang diajarkan menggunakan aplikasi "Obenkyo"


Selain penulisan, setidaknya dasar percakapan bahasa Jepang juga harus dikuasai. Dalam bercakap menggunakan Bahasa Jepang, ada yang namanya "Keigo" atau bahasa sopannya yang harus diperhatikan tiap kali berkomunikasi dengan orang yang dihormati atau lebih tua. 

Mengucapkan salam ke orang yang lebih tua atau yang dihormati seperti ini:
おはようございします

Sementara dengan teman sebaya, boleh mengucapkan salam/halo dengan seperti ini saja:
おはよう

Jadi, maksudnya kalau mengucapkan おはよう saja kepada orang yang dihormati atau yang lebih tua, dianggap tidak sopan. 

Sampai di sini dulu ya. Mohon maaf kalau misalnya ada kesalahan. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung :D

1 comment:

  1. arigatou gozaimasu :D udah belajar lama bahasa jepang tapi sulit yaa...

    ReplyDelete

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)