Saturday, December 23, 2023

Kalau ke Pangalengan, Cobain Wisata ke Wayang Windu dan BERG

Ke Pangalengan ngapain aja sih? Bisa ke Wayang Windu dan wisata ke BERG. Sebenernya masih ada banyak lagi sih pilihan lainnya. 

Wayang Windu itu wisata yang ada di atas bukit, sehingga kita bisa melihat pemandangan di sekeliling yang indah dengan jelas. Cuma sayangnya ini dekat dengan lokasi pembangkit listrik tenaga geothermal, jadi kabut-kabut yang dihasilkan bikin pandangan jadi kurang jelas. 

kata temenku, kalau ga berkabut, bagus banget pemandangannya, tapi ya sudah lah yaa, mo gimana

ini paling berkabut, jadi kalau ke sini sebisa mungkin pas lagi ga berkabut, tapi aku ga tau kapan :'


ini nih salah satu area pembangkit geothermalnya, yang berkontribusi pada kabutnya



Meski begitu, ada banyak kok tempat spot foto yang bagus-bagus. Udaranya juga dingin, cocok untuk yang bosen dengan panasnya ibukota. Ada juga tempat duduk berjejer sambil memandang hijaunya pohon dan kebun teh, nyaman buat merenung atau sekedar istirahat.

ada banyak kebun teh di sekeliling, indah euy

salah satu spot foto

ini tempat duduk yang kumaksud


ada gazebo juga kalau mau istirahat, tapi kayaknya bayar sewa deh


pemandangan langitnya

foto pohon


Harga tiketnya juga ga mahal, ya cuma 10 ribuan. Beberapa spot foto juga gratis, ga perlu bayar. Tapi, kalau ga salah ada juga spot yang harus bayar deh, lupa juga. 

Dulu, temenku bilang akses ke Wayang Windu itu cukup sulit, karena jalanannya yang masih belum diaspal. Namun, saat 2023 kami ke sini, udah lebih bagus jalanannya, ga berbatu yang parah banget seperti cerita temenku sebelumnya. Deket banget sama wisata Wayang Windu, itu ada area wisata lokasi pembuatan film Pengabdi Setan. Karena kita udah magrib ketika deket lokasinya, aku juga ga berani yak, jadi kita batal ke situ, cuma lewat aja. 

ini bagian depan wisata lokasi tempat syuting pengabdi setan

kata temenku, rumah pengabdi setannya masih ke dalem lagi, itu ga tau rumah apaan


Mencari tempat penginapan di Pangalengan itu ga semudah di Lembang yaaa. Karena belum banyak, jadi yang bagus-bagus estetik itu mahal bisa di atas 1,5 jutaan. Kalau di Lembang kan masih affordable ya di bawah 1,5 juta udah dapat bagus dan lengkap fasilitasnya.

Meski begitu, ini kita dapat penginapan dengan harga yang lumayan oke, 1 jutaan dan banyak kasurnya. Nama penginapannya Bumi Saddam. Jadi ini tuh ada 2 tingkat, lantai bawah ada 1 kompor tapi kurang komplit peralatan masaknya, dan ada 2 kamar mandi dengan air panas. Tidurnya di atas semuanya, bisa diisi banyak kasur, kira-kira bisa 5 kasur single, dan ada 1 kasur double bed, ini ngga ada sekat ya, jadi semua di satu ruangan di lantai 2. 

area umum di penginapan Bumi Saddam

ini tampak lantai duanya

kira-kira begini lah cottage-nya


Penginapan ini ramai banget, banyak yang minat, jadi kalau ke sini, mesti book jauh-jauh hari. Karena ramai, kadang ada aja rombongan yang karaoke sampe malam, ya mau gimana lagi ya, namanya juga bareng-bareng, jadi ga bisa ekspektasi suasananya sunyi. Tapi ya setidaknya karena ramai kan, jadi ga horror hehehe.

Yang mau detail infonya, langsung aja cek di google, klik di sini

Deket penginapan, bisa jalan kaki buat ke situ, situnya luasss banget dan indah. Sambil makan indomie rebus, nikmat banget makan sambil mandanginnyaa. Oiya, kalau mau ke sini, ada pungutan masuk untuk ke jalannya, kira-kira 5000an deh.

situ deket penginapan, cantik banget

sudut lain yang cantik dari situnya


Selain ke Wayang Windu, sebelumnya udah aku spill ya, bisa juga ke BERG. Ini tuh wisata area pegunungan juga, jadi banyak diminati untuk yang suka camping, areanya luas betttt. Ini dulu bekas pertahanan Belanda yang kemudian hancur karena serangan tentara Jepang. Tapi masih ada sisa-sisa puingnya. 

ini dia bangunan sisa-sisanya

ada banyak ilalang juga di sekeliling, bagus buat foto


Meski terlihat amat kuno ya bangunannya, jangan salah, di situ ada kafe modern yang rame, setiap pengunjung bisa menikmati minuman hangat dan cemilannya sambil memandang pemandangan sambil duduk di tempat duduk berundak-undak, luas banget, jadi ga perlu takut ga dapat tempat duduk. 

kafenya itu ada di foto sebelah kiri, kurang jelas tp ada di antara pohon, di undakan atas

minuman coklat panas yang aku pesan, harganya mirip seperti di kafe biasa yah, 30 ribuan apa yak


Terkait informasi peninggalannya juga didukung sama teknologi informasi kekinian, ada spot di mana kita bisa scan QR code, lalu nanti kita dapat melihat simulasi bangunan aslinya serta penjelasannya, geser hapenya ke kiri, ke kanan, atas bawah, kita bisa liat visualisasinya sebelum bangunan itu hancur.

Ya kira-kira begitu ya, ke Pangalengan bisa ke Wayang Windu, menginap di Bumi Saddam jalan kaki ke situ, dan BERG. Rating untuk Wayang Windu 4,7 dari 5, Bumi Saddam 4,7 dari 5, situ 4,7 dari 5, BERG juga 4,7 dari 5. 

kalau ada waktu lebih banyak, bisa juga rafting di Pangalengan, lokasinya bahkan deket banget sama penginapan Bumi Saddam. 

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)