Friday, June 3, 2011

Ujian Praktek Bahasa Inggris Kelas XII

Minggu-minggu yang lalu mulai hari Kamis tanggal 24 Februari 2011 ada banyak sekali ujian praktek. Hari kamis, 24 Februari 2011 ini saja guru b.inggrisku menguji praktek speaking, sebenarnya satu hari yang lalu sudah diambil nilai, tapi belum semuanya kebagian giliran maju, termasuk saya.

Materi yang diujikan ada dua, monolog dan dialog. Saya kebagian yang monolog, judulnya “the process of respiration”. Saya tahu untuk judul seperti itu harus dibuat dalam bentuk explanation text, tapi masalahnya proses respirasi apa yang dimaksud. Yang mengenai inspirasi dan ekspirasi? Atau respirasi aerob dan anaerob?

Atau respirasi aerob dan anaerob? Saya sebagai kelas XII pada saat itu, pasti kalian yang juga sekarang atau pernah kelas XII, sudah mengerti bahwa respirasi yang dimaksud itu adalah peristiwa pembakaran zat makanan baik melibatkan oksigen dari pernafasan maupun tidak. Respirasi yang melibatkan oksigen disebut respirasi aerob, sedangkan respirasi yang tidak melibatkan oksigen disebut respirasi anaerob, sering juga disebut proses fermentasi.

Nah kalau itu yang dimaksud, berarti penjelasannya akan sangat kompleks. Tidak mungkin jika guru bahasa inggrisku menyuruhku untuk membahas itu dalam bahasa inggris. Apa yang dimaksud itu pembahasan respirasi yang mengenai inspirasi (menghirup udara) dan ekspirasi (menghembuskan udara). Sepertinya itu yang dimaksud, sederhana dan tidak terlalu kompleks. Kalau kita membahas hal itu, seharusnya bukan lagi disebut sebagai proses respirasi, tapi sistem pernafasan.

Guru biologiku pada saat kelas XI sangat menekankan perbedaan itu. Saya ingat betul ketika beliau berbicara, “Pokoknya bab yang kita pelajari ini sistem pernafasan namanya, bukan sistem respirasi. Beda lagi nanti pengertiannya. Kalian akan mempelajari sistem respirasi nanti di kelas XII. Karena sistem pernafasan itu hanya mempelajari saluran-saluran pernafasan, serta proses menghirup dan mengeluarkan oksigen. Sedangkan sistem respirasi itu penjabaran lebih lanjut tentang pembakaran zat makanan di dalam sel secara kimiawi. Jadi jangan sampai ada yang salah ucap ya.”

Karena pembahasan sistem pernafasan lebih mudah daripada sistem respirasi, akhirnya saya memutuskan untuk membuat explanation text tentang sistem pernafasan. Mungkin memang itu yang dimaksud guruku, atau saya saja yang tidak mengerti pengertian dari judul yang diberikan: “the process of respiration”. Bisa saja artinya proses respirasi atau juga proses pernafasan.

Awalnya saya mau bertanya pada guruku, yang mana sebenarnya hal yang dimaksud. Tapi karena kelihatannya guruku sangat sibuk (hehe.. padahal malas bertanya) jadi saya tidak jadi bertanya. Kata teman saya juga mungkin sistem pernafasan yang dimaksud. Okelah kalau begitu..

Dan akhirnya explanation text saya sudah jadi.. seperti ini:



Dan kemudian dalam prakteknya saya mencoba menerangkannya dalam gambar yang saya buat sendiri seperti ini:



Posted on by Nurul Fajry Maulida | 5 comments

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mksih teh....
    berkt tulisn te2h jd sy bz phm tntng teks expltion.
    dan menginspirsi sya untk mmbuat teks explntion.

    ReplyDelete
  3. sama samaaa, terima kasih banyak sudah berkunjung :D

    ReplyDelete
  4. thank you so mach

    ReplyDelete

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)