Monday, September 9, 2013

Catatan Farmakokinetika #1

Di semester 5 ini saya mendapatkan mata kuliah Farmakokinetika pertama kali. Farmakokinetika mempelajari kinetika absorpsi obat, distribusi, dan eliminasi (yakni ekskresi dan metabolisme). Sistem pengajaran mata kuliah ini cukup berbeda dibandingkan dengan mata kuliah-mata kuliah yang lain. Saya cukup terkejut karena diajar oleh 2 dosen yang biasanya hanya 1 dosen yang mengajar. Kata salah satu dosen, perlu ada perubahan sistem pengajaran, karena mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang cukup sulit bagi mahasiswa farmasi sehingga bisa dibilang cukup sulit pula untuk lulus di mata kuliah ini. 

Sistem pengajaran yang baru, menginginkan agar keaktifan setiap mahasiswanya dapat terpantau berhubung terdapat 2 dosen yang mengamati. Selain itu, berbeda dari pengajaran di tahun-tahun yang sebelumnya, diupayakan pada kelas farmakokinetika saya ini, mahasiswa-mahasiswanya lebih sering mengerjakan soal dibandingkan mencatat teorinya. Oleh karena itu pula, mahasiswa akan selalu dibebani tugas untuk dikerjakan soal-soalnya. Hal ini juga bertujuan agar mahasiswa terbiasa mengerjakan soal-soal tersebut. 

Pada kuliah pertama, kelas dibuat tidak kaku. Kami mendapat sesi ice breaking, bukan sekedar bermain, tapi kami dibuat kelompok untuk memecahkan permasalahan terkait farmakokinetika. Kelompok saya diberikan deskripsi suatu notasi, lalu diminta untuk mencari informasi lewat literatur terkait notasi yang dimaksud. 

Singkatnya, berikut adalah notasi dan deskripsinya seputar farmakokinetika yang diharapkan dengan demikian, kami lebih mengenal farmakokinetika.


Kelas farmakokinetika pada hari itu diakhiri dengan pemberian tugas *_*

Demikian yang dapat saya berikan pada kesempatan ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung :)

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)