Thursday, December 12, 2013

Menuju Pengembangan Potensi NTB bersama PT Newmont Nusa Tenggara


Secara pribadi, mendengar kata Newmont, saya teringat akan kasus pencemaran lingkungan di Teluk Buyat Sulawesi Utara yang melibatkan salah satu perusahaan pertambangan besar yang ada di Indonesia, yaitu Newmont Minahasa Raya (tempo.co, 2007). Meskipun kasus tersebut melibatkan PT Newmont Minahasa Raya di Sulawesi, namun cukup banyak pula pengaruhnya terhadap PT Newmont Nusa Tenggara. Berita tersebut telah lama saya dengar dan masih saya ingat karena media massa saat itu mencuatkannya begitu besar dan diulang-ulang hingga benar-benar terekam dalam ingatan saya dan secara tidak langsung mengarahkan saya untuk membuat suatu persepsi buruk terhadap perusahaan tambang tersebut.

Persepsi buruk saya terhadap perusahaan tambang tersebut kemudian sirna pada bulan Agustus 2013 yang lalu ketika saya bertemu dengan seorang teman seperjalanan, seorang mahasiswi kedokteran dari salah satu universitas di Mataram, menuju Bandara LOP di Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk informasi saja bahwa teman seperjalanan saya saat itu sedang transit di Jakarta dari Kalimantan untuk ke Nusa Tenggara Barat yang katanya berencana pulang ke Mataram dari liburannya di kampung neneknya, sementara saya pergi ke Lombok Tengah untuk menjalankan tugas dari suatu kegiatan berupa advance penelitian dan survei lapangan untuk mengetahui kondisi permasalahan yang sesungguhnya yang mana penting dalam penyusunan desain riset dan penting dalam perencanaan kegiatan pengabdian masyarakat agar sesuai dengan kondisi lapangan, yang dari maksud tujuan perjalanan saya tersebut, saya berinisiatif untuk bertanya-tanya, menggali informasi apapun terkait kondisi masyarakat di Nusa Tenggara Barat kepada teman seperjalanan saya itu.

Salah satu informasi yang saya dapatkan darinya adalah bahwa sudah lama dan sudah banyak yang diberikan oleh PT Newmont Nusa Tenggara terhadap perkembangan pendidikan di Nusa Tenggara Barat, contohnya saja universitasnya dan lembaga pendidikan yang lain telah banyak mendapatkan bantuan fasilitas sehingga kegiatan belajar-mengajarnya menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, ternyata setelah saya mencari tahu lebih lanjut di website PT Newmont Nusa Tenggara, telah banyak kegiatan sosial yang dilakukannya antara lain bantuan pengadaan listrik untuk desa tertinggal, bantuan pembangunan stadium Magaparang untuk pengembangan pusat olahraga pemuda, bantuan operasi katarak untuk masyarakat, bantuan pembangunan rumah untuk masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah, bantuan dana untuk proyek pemerintah, dan lain sebagainya (ptnnt.co.id, 2013).

Setibanya saya di Lombok Tengah dan beberapa hari saya tinggal bersama masyarakat, berbincang-bincang dengan masyarakat, dengan tokoh masyarakat, hingga pejabat kepemerintahannya, saya menemukan adanya permasalahan terkait dengan pengembangan potensi daerah. Antara masyarakat dan pemerintah, keduanya sama-sama berkeinginan untuk mengembangkan potensi daerah. Masyarakat ingin terlibat dalam pengembangan potensi daerahnya, namun pemerintah tidak dapat melibatkan masyarakat dengan pertimbangan tidak terpenuhinya kompetensi dari masyarakat. Pemerintah memerlukan tenaga ahli yang tepat terhadap pengembangan potensi daerahnya, sebut saja dalam hal ini bidang wisata-lah yang menjadi pusat perhatian pengembangan potensi daerahnya, sehingga dengan demikian pemerintah membutuhkan tenaga yang ahli dalam hal kepariwisataan tersebut. Di lain sisi, berdasarkan hasil  wawancara dengan beberapa tokoh masyarakat, banyak juga pemuda yang menyebutkan bahwa saking mahalnya biaya kuliah di perguruan tinggi dan tidak diimbangi dengan kemampuan finansial keluarganya yang mana rata-rata masyarakatnya bekerja sebagai petani padi dan tembakau, banyak pemuda dan pemudinya yang memutuskan untuk bekerja setelah lulus SMA, kebanyakan tergiur dengan pengalaman tetangganya yang pernah bekerja di luar negeri sebagai tenaga kerja migran dan dapat membangun rumah yang layak maka mereka memutuskan untuk mengikuti jejak mereka menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Hal ini merupakan salah satu hal yang melatar-belakangi Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu pengirim TKI terbesar di Indonesia (ntbprov.go.id, 2013). Kembali lagi mengenai keinginan masyarakat terlibat dalam pengembangan potensi daerahnya, kebanyakan melupakan hal tersebut dan lebih memilih bekerja di luar negeri karena dikatakan oleh mereka pemerintah di sana lebih mengerti mereka sebagai 'manusia'.

Kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam pengembangan potensi daerah Nusa Tenggara Barat dipenuhi oleh tenaga-tenaga kompeten yang berasal dari luar daerahnya--seperti yang dikatakan oleh salah satu pejabat pemerintah yang saya wawancari--sehingga dengan demikian Nusa Tenggara Barat tidak dikembangkan oleh masyarakatnya sendiri. Jika dibiarkan begini, kesejahteraan masyarakatnya sendiri akan lambat meningkat bila dibandingkan dengan adanya keterlibatan dari masyarakat.

Sampai di sini, tentunya sudah jelas akar permasalahan dan solusinya. Menurut saya cara yang terbaik adalah dengan meningkatkan pendidikan dari masyarakat agar pada akhirnya didapatkan masyarakat-masyarakat yang kompeten dan dapat mengisi kebutuhan SDM yang diperlukan oleh pemerintah tersebut sehingga pengembangan potensi daerahnya dapat berkelanjutan. Dalam hal ini, saya melihat pemerintah Nusa Tenggara Barat masih memfokuskan perhatiannya terhadap pemenuhan wajib belajar sembilan tahun karena hingga tahun 2011 masih ada sekitar 5000-an murid sekolah dasar yang putus sekolah (republika.co.id, 2011). Selain itu, saya juga melihat PT Newmont Nusa Tenggara sebagai salah satu perusahaan tambang yang besar di Indonesia telah memiliki ikatan sosial yang cukup erat dengan masyarakat dan juga telah banyak mengadakan kegiatan sosial, yang melibatkan masyarakat di samping juga telah banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat yang dengan demikian, menurut saya adanya keterlibatan PT Newmont Nusa Tenggara dalam pengembangan potensi daerah NTB menjadi sangat penting karena keberadaan dan peranannya di tengah masyarakat dan pemerintah sangat jelas terlihat. PT Newmont Nusa Tenggara dapat berperan dalam meningkatkan pendidikan masyarakat di NTB sebagaimana yang telah PT Newmont Nusa Tenggara lakukan sebelum-sebelumnya namun dalam hal ini peranannya perlu lebih diintensifkan lagi. Saya menyukai program PT Newmont Nusa Tenggara yang memberikan beasiswa terhadap putra-putri Nusa Tenggara Barat yang mana tentunya dalam hal ini juga bertujuan untuk menghasilkan masyarakat NTB yang memiliki kompetensi sehingga dengan demikian dapat mengisi kebutuhan SDM yang diperlukan oleh pemerintah dan tentunya juga dapat mengisi kebutuhan SDM PT Newmont Nusa Tenggara, dengan demikian pula bersama pemerintah, PT Newmont Nusa Tenggara, dan masyarakat NTB dapat bersama-sama mengembangkan potensi daerah. Oleh karena itu, juga dalam hal ini diperlukan adanya peranan-peranan sejenis dari pihak swasta yang lain agar juga dapat bersama-sama mengembangkan potensi daerah. Saya harap kelak Nusa Tenggara barat tidak lagi berada dalam 5 besar provinsi dengan pendapatan perkapita terendah di Indonesia (BPS, 2011), melainkan 5 besar provinsi dengan pendapatan perkapita tertinggi di Indonesia.

Semoga di bulan Januari 2014 nanti, ketika saya dan teman-teman saya datang ke Nusa Tenggara Barat dalam rangka penelitian besar dan pengabdian kepada masyarakat telah menemukan adanya perubahan kesejahteraan dari masyarakat yang lebih baik yang saya harapkan perubahan tersebut dikarenakan adanya peranan dari PT Newmont Nusa Tenggara sehingga dengan demikian saya dapat mempercayai PT Newmont Nusa Tenggara sebagai perusahan pertambangan yang turut berkontribusi dalam pengembangan potensi daerah Nusa Tenggara Barat.

Referensi:

Ntbprov.go.id. 2013. Waktunya Berbenah Diri. http://www.ntbprov.go.id/baca.php?berita=1906, diakses pada Desember 2013

Ptnnt.co.id. News. http://www.ptnnt.co.id/news.aspx, diakses pada Desember 2013

Republika.co.id. 2011. Duh.. 5.578 Murid SD di NTB Putus Sekolah. http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/23/165750-duh-5-578-murid-sd-di-ntb-putus-sekolah, diakses pada Desember 2013

Tempo.co. 2007. Pengadilan Menangkan PT Newmont Soal Pencemaran Teluk Buyat. http://www.tempo.co/read/news/2005/11/16/05569242/Pengadilan-Menangkan-PT-Newmont-Soal-Pencemaran-Teluk-Buyat, diakses pada Desember 2013


Posted on by Nurul Fajry Maulida | 2 comments

2 comments:

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)