Wednesday, December 27, 2023

Ikatan Pada Amonia dan Ion Amonium

Sekarang mari kita pelajari bentuk molekul dari senyawa amonia, sedikit bukan tentang karbon, tetapi tentang atom nitrogen, tetangganya karbon. Jika karbon memiliki 4 elektron valensi, nitrogen memiliki 5 elektron valensi. Karena elektron valensinya yang lebih 1 daripada karbon tersebut, maka terdapat 1 elektron pasangan bebas, dan yang siap untuk membentuk ikatan hanya 3 elektron saja. Oleh karena itu pula, nitrogen berikatan dengan 3 atom hidrogen untuk menjadi oktet membentuk amonia.

Lalu bagaimana hibridisasinya?


Sama seperti anion metil, dimana 1 pasangan elektron bebas menempati orbital hibdrid sp3. Oleh karena itu pula, ikatan antara atom nitrogen dan hidrogen adalah tumpang tindih antara orbital sp3-s. Begitu pula dengan sudut yang dibentuk, karena saking besarnya tolakan dengan elektron pasangan bebas, sudut ikatan atom N dan H menjadi makin sempit, lebih kecil dari sudut ikatan metana yang 109,5, yaitu sebesar 107,3 derajat.

Karena mirip model ikatannya dengan anion metil, begitu pula bentuk molekulnya, yaitu trigonal piramida, dengan peta potensial elektrik juga mirip seperti di bawah, dimana area paling atas memerah. Menunjukkan adanya perbedaan polaritas, sehingga amonia termasuk ke dalam senyawa polar.

Bagaimana dengan ikatan pada ion amonium atau NH4+?

Dalam ion amonium, terdapat tambahan 1 atom H dengan muatan positif. Keberadaan 1 atom H ini tentunya akan memadati ruang ikatan dengan 3 atom H sebelumnya. Berbeda dengan kation metil dimana hanya ada muatan positif yang menempati orbital p tidak terhibridisasi, tidak ada atom kan, jadi tidak berkontribusi terhadap kesempitan dalam ruangan, sehingga hanya terbagi 3 ruangannya dan membentuk trigonal planar. Ini terdapat atom, sehingga tidak cocok jika masuk ke dalam orbital p tidak terhibridisasi, jadi keberadaannya harus diakui meski tidak ada muatan elektronnya. Oleh karena itu orbital yang cocok adalah, sp3, dibagi sama rata dengan ruangan ikatan yang ditempati 3 atom H lainnya. 

Jadi, bentuk molekulnya adalah tetrahedron, dengan sudut ikatan 109,5 derajat, sama seperti metana. Peta potensial elektriknya juga tidak ada yang menguning, menunjukkan tidak adanya konsentrasi muatan negatif,s hingga ion amonium bersifat nonpolar. 

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)