Tuesday, January 29, 2013

Recommended Short Movie #1

Ketika saya di bangku SMA, saya sempat mendapatkan mata pelajaran sinematografi. Dua tahun belajar, saya cukup banyak mendapatkan pengetahuan dalam membuat film pendek, iklan, dan video clip. Namun demikian, saya menyadari bahwa dua tahun saja belum cukup bagi saya untuk benar-benar dapat memahami keseluruhan produksinya. Setidaknya, saya dapat dengan begitu mengapresiasi setiap pembuatan film pendek, iklan, dan video clip karya anak Indonesia karena memang pembuatannya tidak mudah, membutuhkan pengalaman, keahlian, dan kreativitas yang tinggi.

Meskipun bisa dibilang sejak saat itu saya jatuh cinta dengan sinematografi, tetapi sepertinya sinematografi bukan jalan saya untuk hidup. Kini, cukup dengan mengapresiasi produksi film karya anak bangsa saja saya rasa sudah cukup memberikan kontribusi pada sinematografi Indonesia.

Beikut dan untuk selanjutnya pada posting ini, saya akan menunjukkan beberapa produksi film yang patut diapresiasi dan sangat saya rekomendasikan untuk ditonton. Saya memahami sekali betapa kompleks produksi filmnya meskipun masih belum bisa dibandingkan dengan produksi film sekelas Hollywood tetapi dengan melihat usia mereka yang masih muda dan bila dibandingkan dengan orang lain yang usianya sama (seperti saya) saya rasa belum tentu bisa membuat produksi film sebagus ini.

Film pendek yang saya rekomendasikan pertama adalah "The Weapon Hand Origins - Trailer" dibuat oleh TaraArtsMovie. Film pendek ini menggabungkan animasi 3D dengan kehidupan nyata. Mereka dapat membuat animasinya tampak begitu halus dan efek yang ditampilkan begitu nyata. Langsung saja tonton videonya di bawah ini:


Yang ini juga bagus produksi dari TaraArtsMovie, langsung aja ditonton. Tidak ada komentar lainnya kecuali kereeen >.<


Kalau yang di bawah ini adalah produksi film pendek anak SMA 3 Tangerang, filmnya bagus, apresiasilah buat mereka! Untuk perbaikan saja dari saya, kualitas videonya sepertinya yang kurang, akan lebih bagus apabila fokusnya dimainkan. Judulnya, "Sintanala Bergegaslah Sebelum Senja"

 

 

Sebenarnya akan lebih enak tontonnya di Selonjoran.TV (salah satu channel yang ada di Youtube). Kalau sudah, cari playlist yang judulnya Film Pendek Sitanala.

Saya memiliki teman yang pandai sekali dalam pembuatan produksi film, dan saya juga menyukai setiap film produksinya, berikut salah satunya, judulnya "Waktu". Film pendek horror dan cukup menegangkan. Langsung di klik saja linknya:  https://vimeo.com/43530562

Ada juga film pendek bagus lainnya yang ia buat, judulnya "Mitos" https://vimeo.com/43810676 dan "Tanda" https://vimeo.com/43523753 yang menuai banyak penghargaan.
Posted on by Nurul Fajry Maulida | 2 comments

2 comments:

  1. weleh-weleh iyah keren2 movie-nya =))

    ReplyDelete
  2. Benar, apresiasi sekali nih untuk teman-teman yang masih SMA dan sudah bisa membuat film berkualitas. Keren :)

    ReplyDelete

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)