Sunday, May 14, 2023

Villa Bambu yang Estetik: ChavaMinerva Lembang

Pernah di-review oleh Gritte di kanal youtubenya, Villa ChavaMinerva Bambu yang aku kunjungi terletak di Jl. Lapangan Desa Cikole, RT 1/11, Desa Cibogo, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40391. 



Tentunya memilih stay di sini karena desainnya yang unik dan aman untuk penakut seperti aku. Dibangun dengan material dasar yang kalau Gritte Agatha bilangnya 100% bambu, mungkin menurutku 95% aja ya, karena tetap ada bagian dari bangunan yang berupa keramik, seperti yang ada di kamar mandi, ya bagiku gapapa juga sih kalau ngga bambu, toh memang lebih baik keramik berhubung itu kamar mandi, yang harus kokoh dan bersih. Ga kebayang kalau lantainya bambu juga, pasti jadi berlumut. 






Untuk penakut seperti aku, tentu ga sembarang pilih tempat, karena pernah ngalamin "digangguin" dan ga mau terulang lagi, aku jadi memilih villa yang lebih terlihat terang, rapi, baru, dan ga suram. Alhamdulillah selama stay di sana, aku aman, dan bisa tidur nyenyak. Lokasinya aman dan terang, serta cukup ramai karena semua bangunan terisi pengunjung. Sebelumnya sempat ada pilihan villa lain,  yang ada basement-nya, ditambah berdiri sendiri di tengah kebun teh tanpa tetangga, kalo aku ngga deh, ngebayangin basement dan sepinya lokasi, udah berasa kengeriannya wkwkwk.

Meskipun demikian, tempat yang terang ngga jamin juga ya, kalau memang udah ada yang "nungguin" di situ ya mau gimana lagi. Banyak berdoa aja, serta baca-baca review pengunjung yang sebelum-sebelumnya supaya ga menyesal memilih. 

Aku paling suka dengan tatanan bunga serta tanaman lainnya yang rapi, cantik-cantik banget, seandainya bunga-bunga ini ada di Jakarta juga, sayangnya kebanyakan bunga-bunga yang cantik itu cuma bisa tumbuh di daerah dingin. Kukirim lah foto bunganya ke teman Jepangku, ga nyangka dia bahkan tau nama spesiesnya wkwk, aku malah mesti googling dulu. Nama bunganya Hydrangea, ternyata ini bunga berasal dari Jepang, ketika aku tanya temenku yang dulu sama-sama di Jepang, dia pernah liat bunga ini di Jepang, tapi kenapa aku lupa yaa wkwk, mesti balik lagi emang hahaha. 





Justru malah teman Jepangku yang kaget karena baru tau kalau Hydrangea bisa ditemukan di Indonesia juga. Ya seperti yang aku bilang tadi, karena suhunya yang mendukung, cuma di dataran tinggi yang sejuk aja bisa tumbuhnya. Ngga kayak di Jepang yang di mana-mana banyak bunga karena suhunya sejuk selalu, kecuali musim panas yak. 

Villa ini juga ramah untuk anak-anak, karena ada tempat bermain mini, seperti perosotan, ayunan, dan lain-lain. Ada banyak kucing unyu-unyu juga di sana, seperti terawat, karena tampak bersih-bersih bulunya. Berhubung terlalu sibuk nyiapin makan malam, jadi ga sempat foto kucingnya. Ketika besok paginya dicari, pada ngga ngumpul lagi, mungkin kucing-kucingnya cuma ngumpul malem aja kali ya, yasudah. 



Untuk furnitur di dalamnya, kebanyakan terbuat dari bambu, mulai dari dipan, meja kursi, tempat payung, hingga lemarinya. Menurutku cukup mahal untuk furnitur yang terbuat dari bambu, pernah liat-liat, selain karena merupakan kerajinan tangan, kurasa juga mahal karena hasilnya yang estetik. Selain itu, kasurnya juga bersih, ngga bau apek. 







Peralatan dapur lengkap, ada kompor dan gasnya, dispenser beserta galonnya, kulkas, ricecooker, piring, mangkok, gelas, sendok, teflon, panci, penggorengan cekung, ulekan kayu, pisau, sodet. Informasi ini penting loh, untuk yang berniat masak di tempat, karena ga banyak villa yang memberikan informasi se-detail ini di deskripsinya, ada aja sih, atau kalau ga tertulis dengan detail, ya mesti chat pengurus villa nya langsung untuk memastikan. 





Ruang TV nya ada 2, ada di setiap lantai. Jadi ini ada 2 lantai. Lantai 1 terdiri dari ruang TV, 1 kamar dengan kasur double bed, 2 kamar mandi, dan dapur yang menyatu dengan ruang TV. Lalu di lantai 2 nya, langsung 2 kasur double bed dan bisa ditambah kasur lagi, dan menyatu dengan ruang TV. Bedanya kamar yang di atas dan di bawah, kalau yang di bawah itu kamarnya tersekat jadi ada pintunya, kalau yang di atas, dari tangga langsung tampak kasur, jadi ga ada privasi wkwk. 



Secara keseluruhan dari 1 sampai 10, aku kasih 9, sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk stay ketika ada rencana trip ke Lembang. Dengan skor segitu, artinya sangat mungkin untuk diulang karena beberapa hal yang aku suka di atas.

Meskipun demikian, ada juga beberapa hal yang bisa ditingkatkan agar kualitas villanya menjadi semakin baik. Pertama, airnya seret, meski tersedia air panas juga, cuma kalau airnya seret, mandinya jadi lama. Karena dingin, kan jadi malas berlama-lama sebenernya, tapi ya mau gimana lagi, untuk menghilangkan seluruh sabun, harus sabar deh. Semoga ke depan, airnya diperbaiki supaya ga seret lagi. 

Kedua, kualitas sabun cuci, sabun mandi dan shampo yang disediakan bisa ditingkatkan lagi, mungkin bisa memilih produk dari brand yang lebih baik hehe. Sabun cucinya warnanya ijo, tapi menurutku ini bukan Sunlight, karena sabun yang diproduksi ngga banyak, terus lama menghilangkan noda dan minyaknya, jadi kelamaan nyuci piringnya.

Di kamar mandi, ada tempat tisu gulung yang rusak, jadi mudah jatuh, mungkin sebelum menerima tamu baru, bisa dicek dan diperbaiki dulu sekiranya ada yang rusak. Sayangnya, ketika udah tiba di sana, masih ada yang rusak dan belum dibenerin. Ya, mau gimana lagi. Meskipun demikian, cukup oke kamar mandinya, karena tersedia banyak gantungan, serta handuk yang bersih. 

Yang terakhir agak sulit di-improve sih, karena memang udah dasarnya materialnya bambu, jadi pasti kalau berisik akan terdengar ke tetangga, bahkan ketika malam aja, suara batuk tetangga, suara motor yang lewat, suara warga yang lagi ngobrol pun terdengar dengan jelas. 

Oke deh, sekian ulasannya. Villa ChavaMinerva Lembang sangat recommended untuk stay karena desainnya yang unik, terang, aman, rapi, bersih, sejuk, banyak bunganya, ramah anak, furnitur estetik, peralatan dapur lengkap, dan adanya ruang TV di setiap lantai. Yang perlu di-improve terkait dengan airnya yang seret, kualitas sabun dan shampo, dan perlunya pemeriksaan alat yang rusak.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan mohon maaf kalau ada salah kata yaa. Semoga ketika balik lagi ke sana, villanya udah semakin bagus. Have a nice holiday, terima kasih sudah berkunjung!

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)