Monday, December 25, 2023

Bagaimana Ikatan Rangkap Tiga Terbentuk

Etuna atau disebut juga asetilena, adalah senyawa hidrokarbon yang terdiri dari 2 atom karbon dan 1 atom H, dimana terdapat 2 ikatan C-H dan 1 ikatan rangkap tiga pada C≡C. 

C2H2, etuna

Jika pada ikatan tunggal orbital terhibridisasinya adalah sp3, lalu pada ikatan rangkap dua adalah sp2, maka pada ikatan rangkap tiga adalah sp, seperti pada gambar di bawah.


Ikatan antara C-H terbentuk antara orbital sp dan s, sementara ikatan rangkap 3 terbentuk dari 3 ikatan yang terdiri dari 1 ikatan dari tumpang tindih orbital sp yang membentuk ikatan sigma, dan 2 ikatan dari tumpang tindih masing-masing orbital p yang tidak terhibdridisasi yang membentuk 2 ikatan pi. 

Kedua orbital p tidak terhibridisasi ini saling tegak lurus satu sama lain, seperti tanda plus, yang kemudian orbital sp pun juga saling tegak lurus dengan mereka, seperti pada tampak pada gambar berikut:



Karena ikatan rangkap tiga ini disokong oleh 3 ikatan, ikatan rangkap 3 menjadi sangat kuat, lebih kuat daripada ikatan rangkap dua, dan tentu dari ikatan tunggal. Oleh karena itu juga, panjang ikatan lebih pendek, dimana ikatan rangkap tiga dengan panjang ikatan 1,2 Angstrom, ikatan rangkap dua 1,33 Angstrom, sementara ikatan tunggal 1,54 Angstrom. 

Peta potensial elektriknya adalah sebagai berikut (yang paling kanan ya).

Terlihat bagaimana area paling tengah menjadi paling jingga, menunjukkan bagaimana muatan negatif terakumulasi di area tersebut. Namun demikian, karena bentuknya yang simetris, lagi-lagi tidak terdapat perbedaan elektronegativitas yang signifikan, karena dipol ikatan saling membatalkan satu sama lain. Dipol ikatan adalah gaya tarik menarik. 


0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)