Sunday, January 22, 2023

Kelas RPM: Alternatif Sepedaan di Kota yang Ga Harus Panas-Panasan

Tadinya rencana mau ikut kelas yang hari Sabtu, cuma karena masih pegel-pegel abis body combat Jum'atnya, aku pilih yang hari minggu deh RPM-nya, untungnya senin libur. Kelasnya dimulai jam 09:30. Aku ga mau lagi telat ya kayak waktu itu, karena ga dikasih masuk, sedih wkwk.

Tapi bodohnya, aku estimasiin perjalanan cuma 1 jam. Aku lupa kalo ada waktu jalan kakinya ke gym, sama waktu yang aku butuhkan untuk ganti baju. Mana baru kepikirannya pas udah mau siap-siap berangkat. Dari kosan baru keluar jam 08:25 lah, panik banget takut telat lagi. Mana dari bangun tidur nyantai banget, bukannya siap-siap dari jam 7 yak, supaya bisa berangkat jam 8. 

Untungnya jalanan ga macet, jadi dari stasiun ke Kuningan City-nya ga nyampe 10 menit. Mana sempat nyari-nyari pintu dulu lewat mana, karena pintu yang biasa aku lewatin masih dikunci, jadi mall belom buka. 

Dengan berbekal lari-larian ngejar waktu, akhirnya aku bisa stand by juga 5 menit sebelum kelas dimulai. Instrukturnya mba Christine, baik bangetttt. Karena aku di-notice anak baru, aku jadi banyak dikasih keringanan wkwkwk.

Jadi kelas RPM ini adalah kelas bersepeda statis gitu dipandu oleh instruktur dan diiringi dengan musik yang seru. Di sepedanya sendiri ada pengaturan beban, kalau digeser ke kanan, akan makin berat, kalau ke kiri, bebannya diturunkan. Terus instrukturnya juga bantu aku sesuaiin tinggi jok sepedanya sama pegangan stangnya. 



Di stangnya sendiri ada tempat untuk menaruh botol minum, penting sih untuk langsung ditaruh di situ, karena selama aktivitasnya, ngga ada kita turun-turun dari sepeda. Selain botol minum, juga perlu stand by handuk kecil buat elap keringat.

Alurnya, dimulai dari beban ringan dulu, lalu naik pelan-pelan ke klimaksnya seperti seolah-olah naik gunung, jadi dinaikin terus bebannya. Justru ketika posisi naik, pantat lepas dari jok, emang lebih pas ketika bebannya berat, kalau bebannya ringan, jadi kesulitan mengendalikan kayuhannya. Setelah track klimaksnya, pelan-pelan kita turunin beban tapi dengan kecepatan kayuhan yang lebih tinggi, sambil kadang-kadang masih dinaikin bebannya juga, cuma intensitas kayuh berdiri lepas jok itu lebih banyak di klimaks dan itu bener-bener paling capekkk, lemah sekali akuuu. 

Jujur, kakiku masih lemah sekali wkwkwk. Ketika yang lain bisa kenceng banget ngayuhnya, aku masih pelan-pelan ngos-ngosan hampir mo pingsan. Kalau anggota reguler, ngga dikasih breakout, itu tuh kayak berenti dulu sebentar atau kurangin beban deh kayaknya, sebenernya aku masih kurang ngerti sih istilah-istilahnya, mba Christine cuma bilang kalo aku anak baru dibolehin breakout kapan aku merasa udah ga kuat wkwk. 

Tujuan dari kelas RPM itu sendiri adalah untuk memperkuat otot tubuh bagian bawah. Kalau bagiku sih tujuan gabung RPM, untuk bisa bersepeda tanpa panas-panasan dan seru-seruan karena ruangannya full AC serta kelasnya full musik, sambil mengimajinasikan pemandangan yang indah-indah yang dilewati ketika bersepada, dan yang paling penting adalah untuk mengurangi depresi wkwkwk. Sepedaan paling enak emang di udara yang sejuk, kalau sepedaan beneran di Jakarta yang panas begini, bukannya mengurangi, malah makin depresi aku kali.

Serius, bersepeda itu bisa mengurangi depresi. Sebuah ulasan Polandia tahun 2004 melaporkan bahwa latihan aerobik seperti bersepeda bisa memperbaiki depresi dan gangguan suasana hati lainnya. Selain itu, kutipan-kutipan yang aku suka yang aku ambil dari artikel tersebut antara lain (lengkapnya bisa dibaca di sini):




Kalau kaki lemah, gimana mau sepedaan yang naik turun gunung. Dulu sih waktu di Hokkaido sepedaannya jalurnya rata-rata semua. Pernah sih sekali pas nyobain sepedaan ke Mount Moiwa, pas jalurnya nanjak, tentu saja aku turun dari sepeda wkwk, tapi ketika udah turun dari gunungnya, itu seru bangettt, ga pake effort, syuuurrr meluncur ke bawah. 

Meskipun rasanya kayaknya lemah banget kakinya, mungkin kalau aku sering ikut kelasnya, lama-lama akan bisa menyesuaikan pace-nya mereka ya, dan bisa lebih kuat lagi kakinya. Sepertinya memang perlu pembiasaan. Instrukturnya sepertinya takut juga kalau aku trauma di hari pertama, takut aku ga dateng lagi wkwkwk. Tenang-tenang, aku pasti akan datang lagi, ganbarimashou!
Posted on by Nurul Fajry Maulida | No comments

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)