Saturday, February 25, 2023

Berendam di Pemandian Air Panas Way Belerang, Kalianda, Lampung

Ngga cuma punya pantai, Kalianda, Lampung Selatan juga punya pemandian air panas. Nama tempatnya "Way Belerang" dan udah buka sejak jam 06:00 pagi. Kalau ga salah kita udah berangkat sekitar jam 7an. 


Karena masih pagi banget, jadi belum banyak toko-toko makanan yang buka. Tempat parkirnya luas. Kolam pemandian air panasnya ada 3 kolam. Yang paling dalam sekitar 1,5 meter. Yang paling dalam ini ada semburan air belerang langsung dari bawah, jadi ada beberapa titik pusaran gitu dan kolam yang ini yang paling favorit buat orang dewasa.

Satu kolam lagi, ini sepinggangnya orang dewasa, favorit juga karena air belerangnya berasal dari saluran air belerang langsung, jadi ada selalu dapat air belerang yang fresh. 

Kalau yang satu lagi kurang diminati, karena ga ada pergerakan air yang signifikan, jadi ibaratnya kayak dapat limpahan air belerang dari kolam lain. Cenderung kotor. Tapi kolamnya paling lebar. 

yang panah merah yang kolam paling dalam dan ada pusaran airnya, yang kuning kolam yang paling lebar tapi airnya tenang, yang biru itu ada di atas lagi, yang dapat air langsung dari sumbernya.


Oiyaa, suhu air panasnya ngga terlalu panas banget, anget-anget gitu, kira-kira 40 derajat selsius dehh. Panasnya kayak orang yang lagi demam. Demam kan sekitar 37-38 derajat yahh.


Di sekeliling kolam juga ada gazebo untuk naro barang-barang atau kalau udah laper bisa makan di situ. Meski toko-toko makanannya ada di luar, penjualnya biasanya keliling nawaring ke orang-orang, jadi bisa langsung pesan dari kolam, lalu diantarin kalau udah jadi.

Aku untuk sarapan pesan pecel sayur pakai lontong pengen tau kayak apa sih rasanya. Ternyata oke juga yaaa. Oh iya selama di Lampung, setiap makan juga biasanya pakai kerupuk, cuma kerupuknya beda ga seperti yang biasa dimakan di Jakarta, yang warna pink-pink gitu. Di sana warnanya cenderung krem, rasanya juga beda sih. Tapi tetep ya namanya kerupuk tetep kriuk. 

Aku sama temen-temen karena dikejar waktu, jadi ga sempat bilas langsung di sana, jadi kita pulang basah-basahan sambil naik motor wkwk. Akibatnya, aku jadi kena flu. Buat yang lain, sebisa mungkin bilas langsung aja ya di sana, daripada sakit. Niat berendam biar seger, eh malah sakit. Kan ga baik yaa. 

Oke, segitu aja seputar pemandiang air panas Way Belerang di Kalianda, Lampung. Mohon maaf kalau ada salah penyampaian yaa. Terima kasih sudah berkunjung!

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)