Monday, February 06, 2023

Main Air antigosong di Sabda Alam Water Park, Garut

Ga diinfo kakak kalo bakal main air selama di Garut, jadilah aku nyebur pakai piyama. Padahal ponakan-ponakanku itu bawa baju renang, tapi mereka memilih tetap pakai piyama seperti tantenya wakakakak.




Sebenarnya sih karena mereka mager aja ganti baju dan udah terlalu excited untuk masuk ke kolam. 




Intinya tiga bocil epep itu sangat menikmati waktu kebersamaan sejak sehari sebelumnya, mulai dari main ala-ala Squid Games yang ada boneka besar dan pemain-pemainnya berebut sampai duluan ke depan, tetapi harus berhenti menjadi patung setiap kali yang jaga menengok ke arah pemain, hingga main galasin asal-asalan karena masih belum ngerti aturan mainnya. Tetapi tetap, aktivitas yang lebih favorit bagi mereka adalah bermain gadget bahkan bisa sampai begadang! 




Oleh karena itu, bangun-bangun ga pake mandi, kita pagi-pagi langsung cabut ke Sabda Alam Water Park masih dengan baju piyama. 




Sabda Alam Water Park ini terletak di Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. Salah satu wisata bermain air paling disenangi di daerah Garut. Setidaknya ada 5 (lima) alasan mengapa water park ini recommended dijadikan pilihan wisata selama di Garut.




Pertama, sesuai preferensi pribadi, lebih suka bermain air di waktu pagi atau sore ke malam hari karena tidak terik, kalau sudah di atas jam 9 pagi ya di Jakarta, udah habis kulit ini gosong terpanggang sinar matahari. Ternyataaa, kalau di Garut, beda situasinya. Sesuai dengan kondisi alam dikelilingi pegunungan dan selalu sejuk dari pagi sampai malam hari, sehingga hawanya dingin terusssss, bahkan di tengah siang bolong pun, ga ada terik-teriknya sama sekali. Alhamdulillah kami main sampai jam 12an siang ngga ada kulit belang wkwkwk. Ya, tipis-tipis tetep ada juga sih haha.

Kedua, peraturannya tidak seketat di kolam renang di Jakarta yang mewajibkan pengunjung menggunakan baju renang. Biasanya kan selalu tertulis tuh ya di area kolam atau sebelum memasuki area kolam, di sini ngga ada (atau akunya aja yang ga liat yak) dan terlihat juga dari sebagian pengunjung juga ngga pakai baju renang, baju biasa aja. Terlepas dari aku sangat setuju bahwa lebih baik pakai baju renang (karena bahannya yang ringan dan lentur memungkinkan aktivitas main air lebih mudah), aku ga pakai ya karena aku ga tau klo akan main air, jadi aku ga bawa baju renang deh.

Ketiga, harga masuknya lumayan murah, per orang 60 ribu saja, dan untuk anak-anak di bawah 80 cm tidak perlu membayar tiket. Meskipun demikian, ternyata ada beberapa wahana seperti area foto-foto di atas kapal, ada biaya tiket masuk tambahan, 20 ribu, dan juga belum termasuk biaya sewa ban kalau mau main di wahana arus. Ya tetap lebih hemat sih kalau dibandingkan dengan waterpark di Jakarta. 





Keempat, ada banyak wahana menarik, seperti wahana arus, wahana anak-anak dan seperangkat perosotannya, kolam air hangat untuk anak-anak, kolam mandi air sabun anak-anak, kolam seluncuran serta kolam air dalam untuk orang dewasa. Untuk wahana arus ada pengaturan waktunya, kapan arus ombak kencangnya dinyalakan, di luar waktu yang ditentukan, aliran arusnya tenang-tenang biasa aja gitu. Begitu pula ada pengaturan waktu untuk kolam mandi air sabun anak-anak, ngga setiap waktu dinyalakan mesin penghasil busanya. Biasanya terkait pewaktuannya, diinfokan oleh petugas, atau kalau ga ada info, coba tanya aja petugasnya langsung.

Kolam air hangat anak-anak

Perosotan anak-anak

Kolam mandi air sabun



Area kolam orang dewasa

Kolam arus 1


Kolam arus 2


Kelima, fasilitasnya lengkap, mulai dari loker, tempat penyewaan ban, ruang bilas, toilet, barisan toko yang jualan makanan, musola, dan yang paling penting tempat untuk istirahat (rest area) ada banyakkkkk. Jangan sedih dulu kalau ketika baru masuk lokasi rest area-nya ramai sekali, sehingga mungkin jadi panik karena ga ada tempat untuk ngumpul. Coba berkeliling dulu, ternyata ada banyak lagi yang tersedia, jadi lokasi-lokasi rest area ini ngga terpusat di satu tempat, tapi tersebar di seluruh titik area waterpark.

Tempat penyimpanan barang di Locker Area

Tempat penyewaan ban, tikar dan loker



Ruang bilas dan toilet

Barisan toko jualan makanan

Rest Area 1

Barisan toko jualan makanan lainnya

Rest Area 2

Rest Area 3

Rest Area 4

Rest Area 5, dan masih ada lagi tapi ga kefoto


Kira-kira dengan lima alasan di atas, yaitu kondisi alam yang sejuk selalu sehingga antigosong, peraturan ngga terlalu ketat, harga tiket masuk yang lumayan, banyak wahana, serta fasilitasnya yang lengkap, udah oke kan untuk dijadikan pilihan wisata main air selama di Garut? Sayangnya aku ga bawa baju renang, kalau bawa, aku bisa main air lebih lama lagi. 

Foto bareng kakak-kakak dan ponakan dengan pose ga ada yang bener wkwk



nah ini baru bener haha, anyway gantungan kunci eskrimnya ilang 1, syedih :(
oiya dan ternyata sandal yang ku-review zonk karena sakit dipakenya, setelah sering dipake, lama-lama jadi lentur dan nyaman dipake wkwk.

Review sandalnya di sini yaa (klik). 

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)