Sunday, February 12, 2023

Gunakan Tabel Luas Lingkaran dan Pythagoras untuk Kroscek Hitunganmu

Dua soal pertama quiz Jerome di youtubenya menarik buat dibahas. 



Soal pertama itu terkait dengan luas permukaan lingkaran. 



Luas lingkaran itu sendiri sebetulnya mudah kan yaitu pi kali r kuadrat, dimana pi adalah 22 per 7. 



Di matematika sekolah dasar, pastinya soal pencarian luas permukaan ini berulang-ulang ditanyakan, hanya dengan beda besar jari-jarinya saja. Ditambah kalau masih duduk di bangku SD atau SMP kan, penggunaan kalkulator sebaiknya dihindari ya, untuk membiasakan mereka menghitung manual dengan lebih tepat. Aku biasanya menambahkan catatan berupa tabel, yang berisi acuan, semisal diketahui jari-jarinya berapa, sudah pasti kelilingnya dan luasnya berapa. Jadi, untuk menjawab pertanyaan jerome nomor 1, untuk jari-jarinya yang besarnya 7, berdasarkan tabel, dan lebih keren lagi kalau sudah hapal, otomatis udah tau jawaban luas lingkarannya pasti 154. 

Berikut tabel yang aku maksud.



Aku sih ngga menyarankan adik-adik untuk menghapal, tapi barangkali tabel ini bisa dijadikan acuan, untuk kroscek perhitungan manualnya, ya meski bisa kroscek pakai kalkulator juga. Buat tambahan aja, kenapa ngga. 

Sementara untuk soal kedua, kaitannya dengan pythagoras. 




Tentu ada rumusnya juga, yaitu kalau mencari sisi miring, maka sisi 1 lainnya dikudratin ditambah sisi 1 lainnya lagi dikuadratin, hasilnya lalu diakarin. Sementara kalau mencari sisi lainnya, maka sisi miring dikuadratin lalu dikurang sisi 1 lainnya dikuadratin, hasilnya lalu diakarin. 



Meskipun rumusnya terlihat kaku untuk sisi 1 lain ada a dan b, pada dasarnya a dan b ini bebas kok, boleh diletakkan di mana saja, asal bukan di miringnya yaa. Jadi saling bertukar deh. 

Kalau dibuatkan tabel, maka akan tampak seperti di bawah:



jadi misal kalau sisi 1 itu 3, sisi lainnya 4, maka bisa dengan mudah menjawab miringnya pasti 5. Untuk pertanyaannya Jerome, jika miringnya 15 lalu sisi lainnya 9, maka dari tabel bisa diperoleh sisi 1 lainnya pasti 12. Jadi tabel tersebut bisa digunakan untuk kroscek juga, tentunya setelah adik-adik telah menghitung secara manual dengan rumus yang diketahui yaaa. Tapi kalau bisa menghapal polanya lebih baik lagi hehehe.

Begitu ya adik-adik, semangat belajar matematikanya, jangan bertanya-tanya mengapa kamu harus belajar matematika, matematika itu ngga sulit kok, dan bermanfaat untuk melatih logikamu, dan kalau pun belum mendapatkan jawaban mengapa kamu harus belajar matematika, mungkin kamu akan menemukan jawabannya kelak seperti Bintang Emon, ternyata belajar matematika agar tidak terlihat bodoh di kontennya Jerome wakakakak. 

Posted on by Nurul Fajry Maulida | No comments

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)