Friday, June 30, 2023

Yang Beda dari Harvest Moon Story of Seasons Bagian 5

Kupikir udah habis ga ada lagi yang bisa dibahas mengenai perbedaan Harvest Moon friends of mineral town dengan story of seasons versi remake-nya, ternyata seiring main terus, selalu ada aja hal-hal baru yang ditemukan. Baiklah, berikut yang aku temukan:

Keempat puluh satu, ada lokasi baru di selatannya klinik, bahkan ada kolamnya yang bisa banget untuk mancing. Pemandangannya juga indah. Seru banget. Ini jadi salah satu tempat favoritnya Brandon, sang artist, untuk mencari inspirasi. 





Keempat puluh dua, selama musim gugur, seperti yang udah-udah, selalu menjadi bulan yang paling cuan, bahkan tanpa menanam pun, dari hasil hunting sampai ke kaki gunung, tersedia banyak produk alam yang bisa dipetik, paling melimpah dibanding musim lainnya. Produk alam yang baru di sini adalah chestnut yang ada di bawah pohon dekat jembatan, serta ada juga di ladang kaki gunung yang banyak bunga-bunganya. 




Keempat puluh tiga, ngga cuma produk alam, benih yang di tanam dalam versi remake ini, juga ada tanaman baru, yaitu cabe. Wah, suka banget sih, apalagi harganya yang lumayan mahal kalau dijual dibanding jual ubi.



Keempat puluh empat, selain ada cabe, ada juga kacang adzuki. Ketika menanam kacang ini, mesti hati-hati, indikasi kalau udah bisa dipanennya, tipis sekali, dari segi warna nyaru gitu, kayak ga ada bedanya, tapi kalau diperhatiin dengan lebih jeli, yang udah bisa dipanen warnanya lebih terang gitu. Lebih parah lagi tanaman ubi, di versi sebelumnya, kalau panen, ada muncul sebagian ubinya ke atas permukaan tanah. Ini sama sekali ngga. Jadi, aku tungguin terus itu tanaman ubinya sampe udah lewat belasan hari, kirain ngga panen-panen, ternyata akunya yang ga tau kalau sebenernya itu udah panen dan udah bisa dicabut. Aku ngehnya pas kurcaci yang bertugas memanen, menarik sesuatu dari itu tanaman. Bodohnya aku, ga nyoba untuk narik-narik. Jadi ya, rugi beberapa hari, yang seharusnya aku udah panen berapa kali wkwkwk. Gapapa lah ya, pelajaran buat musim gugur berikutnya. 

coba perhatiin warna kacangnya, beda tipis kan antara yang udah bisa dan yang belum bisa dipanen

yang ini saat panen ubi, asli ga nyadar kalo segini udah bisa dipanen


Keempat puluh lima, di postingan yang sebelumnya, aku pernah bilang kalau kita bisa beli pohon. Nah, ini aku mau kasih liat pohon jeruk yang panen di musim gugur. Seru yaa, dulu cuma ada apel. 



Keempat puluh enam, di samping gereja, sebelumnya pemakaman, sekarang bukan pemakaman lagi, diganti dengan tempat duduk dan ada patung di tengahnya. Entah pertimbangannya apa, mungkin biar ngga terkesan menakutkan aja kali yaa. Berhubung pastornya suka ngumpul bareng anak-anak di depan gereja. Secara logika, mungkin ga masuk akal karena anak-anak biasanya penakut, jadi masa iya anak-anak berani ngumpul sore-sore depan gereja yang sampingnya pemakaman. 



Keempat puluh tujuh, kita bisa masukin semua yang mau dijual di shipping bin, tanpa harus keluarin satu per satu. Tinggal klik aja shipping bin-nya, nanti bisa atur sendiri mana aja yang mau dijual.




Keempat puluh delapan, sekarang bisa tahu berapa harga tiap barang/item yang kita jual, dengan memencet shipping bin yang aku bilang sebelumnya. Jadi, keliatan juga beda harganya untuk tiap item dengan kualitas yang berbeda. 



Keempat puluh sembilan, ada varian susu dari sapi yang berbeda-beda. Sapi yang warnanya pink, produksi susunya yang varian rasa strawberry. Kupikir warna sapi yang berbeda yang baru di versi ini cuma biar seru-seru aja, ternyata susu yang dihasilkannya pun sesuai warnanya wkwkwk. Lucu banget. 



Kelima puluh, kalau ke restorannya Dudley, udah ga bisa pakai telfon lagi, dulu inget banget aku tiap hari Sabtu, belanjanya lewat telfon itu. Sekarang, kalau ada keinginan belanja furnitur, belinya ke Gotz, yang tukang kayu itu. Bahkan TV LCD pun dijual loh. Yang masih menjadi pertanyaanku, kenapa ya, iklan barang-barang itu yang tiap hari Sabtu pun ditiadakan di televisi, padahal seru, karena jadi dapat update-nya. Kemudian pertanyaan berikutnya, meskipun bisa beli furnitur di Gotz, aku bertanya-tanya, untuk barang-barang lainnya yang suka dijual di televisi, kok ga ada ya, misal alat-alat masak, kulkas, dan lain-lain, apakah nanti ya seiring berjalannya waktu produk yang baru akan di-launching, entahlah.


Sekian dulu sampai sini, nanti dilanjut lagi yaaaa. Terima kasih sudah berkunjung!

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)