Thursday, April 06, 2023

Susu L-Men 2 Go: Wanita Juga Bisa Konsumsi

Sewaktu nge-gym dan butuh nutrisi susu, aku hampirilah kulkas dekat resepsionis. Dari semua minuman dingin yang ada, ngga ada satu pun susu kemasan kecuali susu L-Men 2 Go. Berhubung branding di media-media susu L-Men ini untuk pria, awalnya aku ragu untuk beli, tetapi setelah dilihat lagi komposisinya secara objektif, ternyata ngga juga kok, cewek juga bisa minum. 

tampak kemasan depan


komposisinya yang tertulis di kemasan


Dari kemasannya tertulis komposisi:

  1. Air, susu bubuk (skim dan full krim) (9,02%): tentu menjadi bahan utama, karena ini adalah produk susu, maka bahan dasarnya adalah susu. Tertulis terdiri dari skim dan full krim, perbedaannya susu skim mengandung lemak lebih sedikit dari full krim, yaitu skim 0,5% sementara full krim 3,5% [1]. Mengetahui hal ini, susu skim menjadi pilihan yang tepat bagi yang sedang menurunkan atau menjaga berat badan karena tidak mengandung banyak lemak. 
  2. Kalsium kaseinat: penyedia asam amino tingkat rendah untuk sel-sel otot sehingga baik untuk pertumbuhan otot, berperan dalam memberikan energi yang lebih tahan lama, memiliki aktivitas antimikroba, baik untuk jantung, membantu menurunkan berat badan, hingga memiliki sifat antioksidan [2].
  3. Bubuk kakao: pemberi rasa coklat.
  4. Konsentrat protein whey: apabila dikonsumsi secara rutin, dapat meningkatkan sintesis protein otot, mendorong pertumbuhan massa otot, dan tentunya kaya akan protein [3]. 
  5. Penstabil nabati: bahan tambahan yang digunakan untuk menstabilkan komposisi susu.
  6. Pengemulsi nabati: bahan tambahan yang digunakan untuk mengemulsi komposisi susu. 
  7. Perisa sintetik: bahan tambahan buatan yang memberi rasa.
  8. Garam NaCl: mineral.
  9. Premiks vitamin L-karnitin: L-karnitin pada dasarnya disintesis secara alami di dalam tubuh dari asam amino lisin dan metionin. Sebagian besar disimpan di dalam jantung dan otot rangka (95%), sisanya disimpan di hati, ginjal, dan bersirkulasi di dalam plasma, sehingga jika L-karnitin dikonsumsi, akan kebanyakan tersimpan di dalam otot. Kegunaannya adalah sebagai kofaktor atau yang membantu dalam pembakaran asam lemak di mitokondria sehingga ada banyak energi yang dihasilkan, dengan demikian berguna untuk program penurunan berat badan, karena asam lemak langsung dibawa ke mitokondria dan dibakar, tidak disimpan menjadi lemak tubuh [4, 5]. 
  10. Pemanis buatan sukralosa: bahan tambahan berisi rasa manis.
  11. Vitamin D3 (mengandung antioksidan tokoferol): tambahan nutrisi berupa vitamin yang berguna sebagai antioksidan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan setidaknya ada 3 bahan utama susu L-Men ini yaitu kalsium kaseinat, konsentrat protein whey, dan premiks vitamin L-karnitin yang berperan terutama dalam penyedia protein,  pertumbuhan otot, dan pembakaran energi. Sementara bahan sisannya, hanyalah bahan tambahan sebagai pendukung formulasi susu tersebut. 

Mungkin karena fokus penyediaan nutrisinya untuk "otot" maka produk L-Men ini identik untuk pria. Ditambah pada kemasan depan, secara jelas tertulis "nutrition for men". 

jelas tertulis "nutrition for men", secara tidak langsung membatasi hanya untuk konsumen pria saja

Padahal faktanya, otot pada wanita yang sewajarnya juga diperlukan untuk wanita agar tidak mudah lelah, tampak bugar, serta tidak mudah sakit.  

Oleh karena itu, dari uraian komposisi di atas, konsumsi susu L-Men seharusnya tidak dibatasi hanya untuk pria saja, wanita pun boleh mengkonsumsi sebagaimana ada manfaatnya terhadap kebutuhan nutrisi tubuh. Mungkin sarannya untuk Nutrifood sebagai pabrik pembuat produk ini, agar melakukan rebranding produknya jika ingin melebarkan pasar ke konsumen wanita juga, karena aku yakin, masih banyak wanita yang skeptis tidak mengkonsumsi susu L-Men hanya karena sejak awal branding yang diketahui wanita dan dari namanya saja, untuk "Men", yang secara harfiah ditujukan untuk pria, jadi orang awam mungkin tidak mengira kalau wanita pun bisa konsumsi. Jika tidak memungkinkan rebranding, mungkin setidaknya diberikan penjelasan di kemasannya bahwa dapat dikonsumsi baik pria maupun wanita. 

Disclaimer: uraian di atas hanyalah opini pribadi, mohon maaf kalau misalnya ada salah. Terima kasih sudah berkunjung :)


Referensi:

[1] https://www.frieslandcampinainstitute.com/id/produk-susu/susu/apa-perbedaan-antara-produk-susu-full-cream-dan-susu-skim/#:~:text=Apa%20perbedaan%20antara%20produk%20susu%20full%20cream%20dan%20susu%20skim,-Perbedaan%20utama%20antara&text=Secara%20keseluruhan%2C%20susu%20skim%20mengandung,sekitar%203%2C5%25%20lemak.

[2] https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-protein-kasein-dan-manfaatnya-bagi-tubuh-baik-untuk-sistem-imun-kln.html

[3] https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-whey-protein-sebagai-suplemen-olahraga

[4] https://ods.od.nih.gov/factsheets/Carnitine-HealthProfessional/

[5] https://www.healthline.com/nutrition/l-carnitine#weight-loss

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)