Saturday, April 08, 2023

Yang Beda dari Harvest Moon Story of Seasons Bagian 3

Bagian 1 klik di sini, bagian 2 klik di sini. Perbedaan selanjutnya diuraikan di bawah ini:

Kedua puluh satu, jika sebelumnya di versi sebelum di-remake, setiap barang yang dipegang bisa langsung dibuang. Namun, menjadi masalah ketika sebenernya ngga bermaksud untuk membuangnya, tapi ingin memberikannya kepada suatu karakter, akibat salah penempatan posisi, jadi terbuang sia-sia. Ini sering terjadi dan sangat menyebalkan apalagi kalau barangnya itu sangat bernilai. 


Nah, di versi remake ini, ngga ada lagi kemungkinan barang terbuang karena tidak sengaja, ketika membawa barang, meski menekan tombol aksi, barang tidak akan terlempar. Untuk bisa membuang barang, sekarang lebih rumit, karena harus membuka layar detail tas, lalu cek gambar tong sampah, klik c, dan detail jumlah barang yang mau dibuang. Meskipun lebih rumit, tetapi menjadi lebih menguntungkan, karena terhindar dari risiko di atas.




Kedua puluh dua, produk alam seperti madu, anggur, tidak selalu tersedia tiap hari seperti sebelumnya. Di versi remake ini, ketersediaannya acak, kadang hari ini ada madu, besok ngga ada, bisa jadi tiga hari lagi baru ada, dan tentu juga ada waktu ketika semuanya lengkap ada. Hal ini menjadi lebih realistis sih ya.

ketika cuma ada 2 anggur

ketika lagi lengkap


Selain itu, seperti gambar di atas, yang baru adalah adanya anggur di sekitar pohon depan rumah. Sebelumnya cuma ada apel dan madu. Produk-produk alam di area tertentu seperti di dekat danau, dekat hot spring, kaki gunung, dan di pantai juga berubah, baik jenisnya mau pun kuantitasnya. 

Kedua puluh tiga, dari versi Back to Nature sampai Friends of Mineral Town, di area padang lereng gunung itu biasanya ada banyak bunga yang bisa dipetik. Ini sama sekali ga ada. Sedih sih, jadi kesulitan simpan stok bunga. Mungkin karena versi terbaru bunga bisa dijual kali ya, jadi ga dibuat tersedia banyak. Dulu kan ga bisa dijual, jadi sebanyak apa pun ga bisa dijual juga, paling cuma bisa disimpan sebagai stok untuk ganti-ganti bunga di vas, atau stok untuk pemberian ke karakter. 

Kosong sama sekali, ga ada ladang bunga, kalau pun ada cuma satu atau dua doang


Kedua puluh empat, sekarang kalau ada acara festival tertentu, ada dekorasi di tiap jalannya. Sebelumnya, dekorasi hanya ada di tempat acara. Bagiku, ini bermanfaat sih. Karena dengan adanya dekorasi jadi semacam pengingat, kalau hari ini lagi ada acara. Sebelumnya, bisa lupa kalau lagi ada acara akibat ga cek kalender atau ga cek televisi. 


Kedua puluh lima, area puncak gunung, lebih luas dan ada rerumputannya. Sebelumnya sempit banget dan tandus. Mungkin ada alasan kenapa dibuat lebih luas, bisa jadi supaya bisa muat banyak orang kalau ada acara yang diadain di puncak gunung. 


Kedua puluh enam, di ladang milik sendiri, langsung tersedia rerumputan. Kalau sebelumnya, untuk punya rerumputan harus beli dan nanam benihnya sendiri.


Kedua puluh tujuh, produk hasil panen ada skala kualitasnya, semacam rating dengan bintang. Kurasa makin banyak bintangnya, makin mahal harganya. 



Kedua puluh delapan, ketika mengambil pakan hewan, biasanya harus ambil satu-satu, sekarang sekali ambil langsung otomatis keambil sembilan pakan hewan, jadi lebih efisien. Ngga harus pencet berkali-kali untuk memenuhi kebutuhan.




Kedua puluh sembilan, saat meminta kurcaci untuk membantu di ladang, sekarang ada sesi konfirmasinya, apakah benar diminta untuk membantu menyiram tanaman selama tujuh hari misalnya. Menurutku sih ini lebih baik dari sebelumnya, karena ketika buru-buru, pernah salah minta, maksud hati ingin minta dibantu tujuh hari, malah kepencet yang satu hari, dan ga bisa direvisi. Dengan adanya sesi konfirmasi, kalau ngeh salah minta, jadi bisa direvisi permintaannya. 




Ketiga puluh, sekarang ada tambahan kursor untuk navigasi, jadi lebih memudahkan sih menurutku. Terutama untuk kegiatan memilih. Biasanya harus dipencet berulang-ulang sampai ketemu barang yang dimaksud untuk dikeluarin.



Ya, sekian untuk uraian kali ini. Aku akan buat uraian perbedaan selanjutnya di postingan berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf kalau ada salah.

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)