Friday, April 07, 2023

Yang Beda dari Harvest Moon Story of Seasons Bagian 2

Bagian 1 nya bisa dibaca di sini yaa (klik). Langsung aja kita bahas perbedaan berikutnya dari Harvest Moon Story of Seasons dan Friends of Mineral Town (versi sebelum di-remake menjadi Story of Seasons) di bawah ini ya:

Kesebelas, ketika bekerja di ladang, ada alat bantu navigasi berupa garis-garis kotak, supaya ngga salah cangkul atau salah nebar benih. Pasti di versi sebelumnya pernah ngalamin kan, nebar benihnya ga pas di kotak yang udah dibuat, sebagai akibatnya beberapa benih kebuang, kan sayang-sayang. 


Keduabelas, ketika menyalakan televisi, muncul pilihan programnya, kalau sebelumnya kita pakai navigasi tombol di keyboard. Yang sekarang secara teknis lebih praktis aja sih menurutku.


Ketiga belas, ngga cuma bisa melihat kondisi terkini suasana hati kurcaci, sekarang bisa tau juga kondisi suasana hati para penduduk desa, sehingga lebih mudah memonitor sikap mereka terhadap kita. Selain suasana hati, juga ada penanda apakah sudah ngobrol atau memberikan hadiah ke karakter yang dimaksud, kalau sudah memberikan hadiah 1 kali, nanti akan nyala indikatornya. Kalau dulu bisa kasih berkali-kali hadiahnya, sekarang cuma bisa ngasih sekali. 




Keempat belas, hewan ternaknya lebih bervariasi, ngga cuma ayam, sapi, dan domba aja, tetapi juga ada alpaca dan kelinci anggora. Untuk sapinya juga sekarang ada banyak pilihan jenis yang berbeda dari warnanya selain warna putih, yaitu ada yang warna coklat, pink, dan jingga. Dombanya juga sekarang warnanya pink. Oiya, ayamnya juga ada pilihan warna coklat.







Cuma sedihnya sekarang ga ada anjing sebagai hewan peliharaannya, ngga tau kenapa ditiadakan ya, sedih aja gitu, biasanya tiap bangun selalu ditemenin anjing di rumah, sekarang bangun sendirian wkwk. Tapi kalau kuda masih ada. Dikasih sama Barley seperti biasa. 

Kelimabelas, ada lonceng di depan kandang ayam, fungsinya untuk manggilin ayam dan kelinci anggoranya untuk keluar kandang, jadi mereka bisa nyari makan bebas di luar serta untuk meningkatkan suasana hati, lebih kerennya lagi, jam 8 mereka akan otomatis masuk kandang sendiri.

Inget ga sebelumnya, susah payang ngeluarin mereka, karena harus bawa satu-satu keluar kandang. Ditambah mesti bikin pager dari batu atau kayu, hanya supaya mereka ga main terlalu jauh, dan kalau lupa dibawa balik ke kandang jadi lebih aman, karena tiap di atas jam 10 malem suka ada anjing hutan yang nyerang kan ya. Sekarang lebih aman, mereka bisa masuk sendiri tanpa harus dimasukin satu-satu. Entah ya, perbaruan versi remake-nya sebenernya makin memudahkan, tetapi di sisi lain, jadi makin ga masuk akal wkwkwk. Gimana caranya itu hewan punya pikiran jam 8 malem masuk kandang sendiri wakakakak.




Sebenernya ga cuma ayam sama kelinci anggoranya, kuda peliharaannya juga sama, pas udah malem bisa masuk kandang sendiri wkwkwk. Dulu susah banget, mesti dipanggilin, lebih susah lagi pas kudanya masih kecil, jadi harus didorong-dorong, kalau udah gede dan bisa ditunggangin kan lebih mudah ya. 

Keenambelas, kotak peralatan (toolbox) juga tersedia di luar rumah. Sebelumnya, cuma bisa diakses di dalam rumah, karena harus bolak balik masuk rumah, jadi ribet kali ya, makannya versi remake-nya dipermudah, jadi ga harus masuk rumah kalau butuh peralatan segera. 





Ketujuhbelas, letak kolam ikannya berubah, sebelumnya kan di antara pohon dan kandang ayam. Sekarang deket pager dan kandang kuda. 



Kedelapanbelas, posisi kandang kuda dan kandang sapinya juga berubah, tukeran, yang tadinya paling deket rumah itu yang kandang sapi, sekarang kandang kuda dulu, baru kandang sapinya lebih jauh. Mungkin kandang kuda posisinya dideketin, supaya sering ditengok kali ya, kalau dulu kan jauh jadi mungkin serasa terisolasi sendirian. Kalau kandang sapinya jauh gapapa , karena hewan ternak yang di kandang sapinya kan banyak, jadi ga sendirian wkwkwk, gitu kali ya hahaha.




Kesembilanbelas, ada indikator jumlah air yang tersisa di alat penyiram tanamannya, jadi bisa antisipasi, kalau mau abis bisa langsung isi lagi. Sebelumnya ga ada tanda kalau mau abis, selalunya ya ketika alat siram yang lagi dipake ga keluar air lagi berarti udah abis.



Keduapuluh, bisa save permainannya di mana pun dan kapan pun, lebih memudahkan ya. Sebelumnya kan harus selalu di rumah untuk bisa save permainannya.



Oke segitu dulu, nanti aku tambahin lagi perbedaannya di postingan berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung ^^

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)