Saturday, April 15, 2023

Yang Beda dari Harvest Moon Story of Seasons Bagian 4

Bagian 1 (klik di sini), bagian 2 (klik di sini), dan bagian 3 (klik di sini), sekarang mari kita kulik bagian keempat di bawah ya:

Ketiga puluh satu, kotak pos sekarang ada notifikasinya, sebelumnya ngga ada, jadi harus selalu periksa berkali-kali untuk melihat ada atau ngganya surat. Dengan adanya notifikasi berupa gambar amplop di kotak pos, kegiatan menjadi lebih efisien, cukup periksa kotak pos kalau ada notifikasi aja. 



Ketiga puluh dua, setiap menyelesaikan kegiatan satu hari dan memutuskan untuk tidur, rincian penghasilan harian dibuat menjadi lebih rinci, berapa hasil panen, hasil produk dari hewan ternak, hasil tambang, ikan, atau tanaman-tanaman herba yang dipetik langsung dari alam. Sebelumnya, ngga terlalu detail. Meskipun demikian, menurutku ya, bisa dibuat lebih detail lagi, lebih diperinci per jenis item di tiap kategorinya. Misalnya untuk hasil panen, perolehan per jenis panennya bisa diperjelas, jagung laku berapa dijual, tomat, bawang, dan seterusnya. Jadi kan kita bisa tau mana yang dijual paling mahal, buat strategi bertanam juga gitu kan. 


Ketiga puluh tiga, ketika ada event kontes adu ayam, sebelumnya untuk ayam yang memenangkan kontes akan mendapatkan privilege wkwk, berupa telor emas setiap kali bertelor. Namun, sekarang, ayam yang menang kontes, cuma dapat tropi doang, sedih hahaha. Kalau telor emas kan harganya lebih mahal ya daripada telor biasa, bahkan lebih mahal dari telor rebus. Kalau cuma dapat tropi doang ya gimana, tapi ya sudahlah. Mungkin biar lebih realistis, karena nyatanya ga ada ayam yang bertelor emas kan wkwkwk.

Ayamku yumie yang menang kontes, ada tanda mahkotanya, atau mungkinkah akan bertelor emas kalau hatinya udah komplit merah semua ya? Kalau nanti iya, aku akan update lagi

Ini telornya

sementara ini tropinya


Ketiga puluh empat, saat memecah batu, sekarang ada hasil pecahannya, berbentuk kubus. Sebelumnya, setiap batu yang pecah, hilang gitu aja ga ada jejaknya. Begitu juga untuk kayu-kayu yang dibelah, sekarang ada hasil kayu belahannya. Sebelumnya tiap yang dibelah kayunya, hilang gitu aja, dan tiba-tiba udah ada di tempat penyimpanan kayu. Mungkin dibuat ada wujudnya sekarang, supaya lebih realistis. 



Ketiga puluh lima, jika mau merenovasi rumah, jadi lebih luas, sebelumnya hanya membutuhkan uang dan persediaan kayu aja. Sekarang, juga perlu persediaan batu. Jadi lebih ribet tapi ya ada gunanya juga ternyata batu sekarang ya. Sebelumnya kan batu ga ada gunanya, kecuali untuk bikin pager-pageran untuk ayam yang ditaro di luar. Cuma jadi mikir untuk ke depannya gimana caranya memenuhi kebutuhan batu. Karena batu ga banyak ada di sekeliling, kalau kayu yang bisa dibelah kan banyak tersedia. Ya, kita jalani sajalah ya.

Untuk renovasi rumah menjadi lebih luas butuh 3000 Gold, 150 kayu, dan 50 batu


Ketiga puluh enam, di tukang kayu, ternyata juga bisa beli pohon, mana ada tiga pilihan pohon lagi. Pohon apel, pohon anggur, dan pohon jeruk. Sebelumnya, ga pernah ada yang jual pohon, tukang kayu cuma jual kayu dan jasa renovasi. Ini keren sih, patut diapresiasi. Dengan adanya ini, aku baru paham alasannya kenapa kolam ikannya dipindah, ternyata lokasi kolam ikan yang sebelumnya buat tempat pohon-pohon yang dibeli. Harga pohonnya juga ternyata ga mahal, cuma 1000 Gold.


ini pohon apel yang aku beli


Ketiga puluh tujuh, selain bisa beli pohon, ternyata tukang kayu sekarang juga jual funitur wkwkwk. Bisa beli jam dan kabiner besar, bahkan bisa beli TV LCD! Pantes aku ga nemu iklan jualan furnitur di televisi tiap hari Sabtu. Waktu coba pergi ke restoran Ran, pas mau pake telfon, ga berfungsi telfonnya. Biasanya kan kalau mau beli barang, telfon untuk pemesanannya di situ. Oh berarti, sekarang untuk beli-beli yang biasanya lewat iklan tv, bisa dibeli di tukang kayu ya. Cuma aku penasaran, beli kulkas di mana yaaa? Kayaknya harus renovasi rumah dulu, baru keluar jualan kulkasnya. Semoga yaa. Soalnya ini mau simpan produk hasil panen dan lain-lain, belum punya kulkas soalnya. 



Ketiga puluh delapan, ngga terlalu gimana-gimana sih, cuma aku notice aja ada bedanya di sini. Sebelumnya, setiap bangun tidur, sarapannya selalu di meja. Tetapi yang sekarang, makannya di deket kasur, kenapa yaa, kok malah jadi ga realistis wkwkwk. Jadi ini maunya remake menjadi lebih realistis atau ngga sih? Kalau diingat-ingat perbedaan-perbedaan yang sebelumnya, ada juga kan yang berupa menjadi tidak realistis. Jadi, ini sih kayaknya suka-suka creator-nya aja deh, ya terlepas dari sebagian juga ada perbaikan juga dari sebelumnya, sehingga lebih berguna dan efisien. Tapi maksudnya juga, udah bener makannya di meja, kenapa sekarang jadi di deket kasur wkwkwk. 



Ketiga puluh sembilan, ingat ngga setiap musim panas, ada satu karakter yang tinggal di dekat pantai, dan cuma muncul di musim panas. Yaitu Kai. Karakter ini punya restoran makanan kan, cuma sebelumnya kita ga pernah bisa masuk ke dalam restorannya. Belinya dari depan doang. Bedanya, sekarang kita bisa masuk, ternyata luas juga ya dalamnya. Sebelumnya kupikir cuma petakan kayak beli makan yang cuma take away doang gitu. Ya, yang sekarang lebih menarik menurutku.


Bagian dalam restorannya Kai

Ini daftar menu makanannya


Keempat puluh, setiap musim panas, aku inget banget, tiap penduduk pasti serempak nanam jagung juga. Padahal yang tumbuh di musim panas ga cuma jagung, mungkin karena paling mahal kali ya, makannya pada nanem. Cuma bedanya, sekarang ini yang biasa nanem, pada ga nanem. Jadi, cuma ladang kita doang yang nanem jagung. Biasanya kan keluarga Popuri sama keluarga Barley juga nanem, tapi ini bener-bener kosong.





Oke, segitu dulu untuk bagian 4, nanti dilanjut lagi yaa. Mohon maap kalau ada salah. Terima kasih sudah berkunjung!

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)