Monday, July 31, 2023

Yang Beda dari Harvest Moon Story of Seasons Bagian 6

Bagian 1: klik di sini

Bagian 2: klik di sini

Bagian 3: klik di sini

Bagian 4: klik di sini

Bagian 5: klik di sini


Melanjutkan bagian 5, untuk poin-poin selanjutnya, kita pakai angka aja yah, pake kalimat makin panjang penomorannya wkwkwk.

Perbedaan ke-51, yang baru dari versi remake Story of Seasons dibanding Harvest Moon Friends of Mineral Town versi sebelumnya adalah setiap pencapaian dapat trofi yang diinfokan melalui pos, kadang hanya sekedar sebuah catatan dalam surat, kadang dikasih trofi beneran. Di bawah salah satu contohnya, dapat trofi karena memiliki seluruh varian hewan ternak. Penghargaannya itu diberikan oleh Harvest Goddess.


Ke-52, di musim dingin, di area danau kecil yang di selatannya klinik, bisa nemu jeruk yang jatuh, lumayanlah buat dijual atau buat dibagiin ke orang-orang. Brandon suka nih sama jeruk. Selain jeruk, produk alam yang bisa ditemukan saat musim dingin ada juga white grass yang bisa ditemuin di bawah pohon seberang rumahnya Gotz. Di awal musim dingin, pernah aku ngalamin, didatengin sama Thomas, yang minta tolong cariin white grass, dan minta dikasih hari itu juga. Aku kan belum pernah nemu itu ya, aku cari di setiap area kota ga nemu, pas googling, ada yang arahin ke situ, bener ada di situ, warna putih herbanya nyaru banget sama salju, jadi ga ngeh klo ada di situ. Sayangnya aku telat menemukannya, kalau berhasil nemuin sesuai batas waktu dari Thomas, sepertinya akan dapat imbalan.




Ke-53, setiap kali potong kayu, dulu biasanya disimpan di lumber, tapi sekarang ngga bisa gitu, lumber jadi cuma tempat penyimpanan rumput pakan ternak. Kayu yang abis dibelah disimpannya seakrang di kabinet rumah, aneh yaaa.





Ke-54, ketika mencari kayu yang bisa dibelah, biasanya kita dapatin di area sekitar rumah Gotz, di deket hotspring, atau di bukit deket danau. Tetapi di Story of Seasons, udah ga ada lagi kayu di deket hotspring. Mungkin sebagai gantinya, pindah ke area deket danau kecil yang di selatannya klinik. 






Ke-55, untuk pertanyaan sekarang beli furnitur harus kemana, karena dulu sempat kita bahas, biasanya beli lewat iklan TV tiap hari sabtu dan cuma bisa telepon di hari itu juga pakai teleponnya Duke di restorannya, sekarang setelah renovasi peluasan rumah pertama, keluar produk kulkas di Workshopnya Gotz, jadi belinya di situ. 




Sementara untuk peralatan memasak, ternyata dijual di General Store, setiap produk baru yang keluar, bakal diinfo lewat pos.




Ke-56, aku suka banget bisa eksperimen masak di versi Harvest Moon yang sebelumnya, meskipun sering gagal, tapi kalo berhasil jadi suatu makanan, itu bahagia banget. Sekarang, kita ngga bisa eksperimen lagi, setiap mau masak, harus udah jelas ada resepnya, dan ketersediaan bahannya. Ga bisa asal-asalan lagi, sedih yaaa. Untuk yang setidaknya paling mudah, bikin omelet aja, pake telor, minyak, dan fyring pan meski ga ada resepnya aja, ga bisa. Kan nyebelin, huft.

Terus dapat resepnya dari mana? Untuk sekarang, aku dapat resepnya dikasih pada saat percakapan sama orang-orang di desa. Kalo kita berbuat baik kasih-kasih makanan yang mereka suka, mereka akan balas dengan informasi resep. Dan bedanya, resep yang dikasih tau, akan otomatis ke simpen ke dalam sistem, ngga perlu lagi kita repot nyatet-nyatetin sendiri. 






Ya, jadi perbaruannya, ada kelebihan dan kekurangannya yah. Kelebihannya informasi resep langsung terintegrasi ke sistem, kekurangannya ga ngebolehin eksperimen lagi. Jujur, aku lebih suka sistem yang sebelumnya. Yang masih ngebolehin eksperimen. 

Ke-57, dulu kalau kuda peliharaan udah bisa ditunggangin, cuma bisa diajak jalan di sekitar halaman rumah doang, sekarang kudanya bisa diajak ke seluruh desa. Inget ngga, ketika pertama kali kuda ada di kita, itu sebenernya dititipin sama Mugi. Dalam setahun, kita harus bisa ambil hatinya kuda, rawat dengan baik. Setelah satu tahun, Mugi akan balik lagi dan melihat kudanya, kalau dilihat kita merawat dengan baik, kudanya jadi milik kita, kalau kudanya kurang perhatian, akan diambil lagi sama Mugi.


Ke-58, ternyata sekarang kita bisa menggunakan meja panjang di deket kasur untuk naro barang. Aku seneng banget, jadi bisa majang trofi, atau humidifier yang dikasih sama dokter. Sebelumnya kan, kita cuma bisa menyimpan barang-barang aja di kabinet yaah, ga keliatan juga ketika di dalam rumah. Seneng aja gitu, sekarang bisa majang hehe. 


Ke-59, padahal ini udah dari awal ya ngehnya, tapi gapapa, yaitu antara rumah Mugi dan Popuri, ada jalan yang menghubungkannya dari samping, dulu kan cuma bisa lewat depan yah...


Ke-60, ada preserved flower, sebelum blue feather untuk menjalin hubungan dengan karakter. Preserved flower ini ga harus dikasih ketika hatinya udah merah aja, bahkan sebelum itu bisa, kira-kira udah di level hati kuning atau hijau gitu deh. Preserved flower ini untuk mengikat jadi girlfriend atau boyfriend. Jadi bukan untuk lamar menikah ya, aturannya tetep sama untuk menikah, kalau hati sudah merah dan rumah sudah direnovasi serta dilengkapi dengan kasur tambahan. 






Kira-kira segini dulu yaaa. Nanti aku tambahin lagi postingannya kalau ada yang baru. 

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)